Mengatasi Laptop Lemot

Tips Mengatasi Laptop Lemot atau Terasa Berat

Laptop yang terasa lemot atau berat adalah masalah yang sering terjadi dan menjadi musuh para pengguna laptop, tentunya hal ini akan menggangu aktivitas pengguna, dalam mengerjakan suatu tugas dengan menggunakan berbagai macam aplikasi yang ada pada laptop.

Berbeda dengan komputer, Laptop biasanya memiliki spesifikasi tersendiri, berdasarkan kebutuhan pengguna nya. Baik dari segi processor, hard disk, atau bahkan ram dan lainnya.

Tentunya, kalian harus terlebih dahulu memilih spesifikasi laptop sesuai dengan kebutuhan kalian. Baik untuk aktivitas office, multi-tasking, multimedia, atau bahkan untuk bermain game.

Namun, bagi sebagian besar pengguna laptop, mereka sering kali mengalami kendala berupa lemot ketika mengakses sebuah aplikasi, atau bahkan melakukan multitasking pada laptop mereka. Hal ini tentunya sangat menggangu bagi pengguna yang membutuhkan performance yang baik dari segi multitasking.

Untuk itu, kalian bisa mengatasi masalah ini dengan beberapa kiat sederhana, seperti

 

1. Lakukan Defrag pada Hard Disk

Laptop yang terasa berat atau lemot sendiri biasanya dipengarhui oleh Hard Disk yang mereka gunakan. Biasanya, Hard Disk tersebut sudah masuk kedalam masa usang ataupun terkena bad sector.

Untuk itu, ketika laptop kalian terasa lemot atau berat, cobalah untuk rutin melakukan defrag pada Hard Disk dalam dua hari sekali, untuk mengetahui kesehatan hard disk laptop kalian.

 

2. Scan Laptop dengan Antivirus

Terkadang, virus yang mungkin masuk kedalam sebuah system dari laptop juga bisa mempengaruhi kinerja laptop itu sendiri.

Sebagai pencegahan, kalian bisa menggunakan Antivirus yang memang di rekomendasikan, untuk melakukan scanning secara menyeluruh, ataupun berkala.

Antivirus sendiri nantinya akan melakukan pemeriksaan, dan menghapus atau bahkan mengkarantina virus yang terdeteksi di Laptop kalian masing-masing.

 

3. Menghapus Aplikasi yang tidak dibutuhkan

Untuk kalian yang sering kali menginstall Aplikasi pada laptop, coba untuk kembali mengorganisir aplikasi-aplikasi tersebut.

Pastikan kalian memang menginstall aplikasi yang dibutuhkan dan penting untuk menunjang pekerjaan kalian.

Jangan lupa untuk mencari tau System Requirements dari sebuah aplikasi, ketika hendak menginstall sebuah aplikasi. Hal ini bertujuan agar laptop tidak terlalu banyak mengeluarkan resource pada sebuah aplikasi. Seperti RAM, dan juga CPU Process.

 

Akhir Kata

Adapun cara sederhana diatas bisa kalian terapkan pada laptop kalian yang terasa lemot. Tentunya faktor kapasitas Memori (RAM) dan juga Hard Disk, sangat berpengaruh pada aksessibilitas dari laptop yang kalian miliki.

shares